Karakter Berdasarkan Kopi Pilihannya


secangkirkopitubruk.com

Di sebuah kedai kopi, aku selalu berkomentar tentang kopi yang dipesan oleh teman-teman. Yah, bagi secangkirkopitubruk setiap jenis kopi memiliki cerita dan ciri khasnya masing-masing. mereka mempunyai apa yang kita sebut karakter. Karakter-karakter ini mungkin memiliki hubungan dengan orang yang memilihnya.

1. Kopi instan
Kopi instan merupakan jenis yang paling mudah dicari dan di buat. Yang dibutuhkan hanyalah air panas untuk menyeduhnya, aduk, langsung minum. Ada yang sudah dicampur susu, ada pula kopi murni.

Sifat : Penggemar jenis kopi ini biasanya ingin segala sesuatu cepat dan segera, tanpa perlu bersusah payah. Kadang mengorbankan kualitas demi mengejar waktu. Mereka tipe yang akan  “to the point” dalam mengajar tujuan, tidak suka berbasa-basi.

Profesi : politikus

Asmara : Bisa jadi, perempuan pertama yang disukainya langsung “ditembak” untuk jadi pacar meski baru kenal saat itu.

2. Kopi non-kafein
Ada sebagian orang yang terlanjur jadi penikmat kopi, namun  takut akan kafeinnya. Ada sejenis minuman yang disebut kopi non-kafein (decaf).

Sifat : Penggemar minuman ini sangat peduli pada masalah kesehatan. Sangat selektif dan penuh pertimbangan dalam memilih. Ia juga takut mengambil risiko yang bisa membahayakan dirinya.

Profesi : kesehatan

asmara : dalam memilih jodoh pun akan sangat selektif dan banyak pertimbangannya.

3. Kopi giling
Yang dimaksud dengan kopi giling adalah biji kopi yang belum dihaluskan (grinder). Untuk meminumnya tentu harus di giling dulu.

Sifat : dia selalu ingin mengerjakan segala sesuatu sendiri, sangat mandiri, dan tidak tergantung pada siapa pun. Bisa pula diartikan, dia tidak mudah percaya pada orang lain.

Asmara : Butuh proses yang panjang untuk menentukan pendamping hidupnya. Orang ini perlu diyakinkan dengan cara yang lebih kuat.

4. Espresso
Jenis kopi ini sangat kuat dan sangat hitam karena dibuat langsung dari biji kopi dengan kadar air yang sangat sedikit. Disebut espresso karena cafe dan restoran menghidangkannya dalam waktu singkat di gelas kecil. Ini berkat teknologi mesin espresso dari Italia.

Sifat : Penggemar jenis kopi ini menyenangi pengalaman yang hebat, keras, dan penuh tantangan. Mereka juga biasanya sangat kreatif. Di sisi lain, mereka sangat penuntut, baik pada diri sendiri, maupun orang di sekitarnya.

Asmara : mereka butuh seseorang yang berkepribaian kuat.

5. Cappuccino
Cappuccino adalah espresso ditambah susu panas yang dibusakan (frothing milk), dihidangkan di gelas besar, sangat lembut dan indah dengan nilai seni yang tinggi. Perpaduan kopi espresso dan susu menghasilkan warna coklat mirip pakaian para biarawan Capuchin, maka dinamakan cappucino.

Sifat : Penyuka jenis ini termasuk orang yang santai dalam menghadapi apa pun. Tidak mau diburu-buru, meski pada akhirnya segala sesuatu dapat dibereskannya. Dia juga memiliki nilai seni yang tinggi. Hidup baginya seperti menikmati cappucino, ringan namun tetap nikmat.

Asmara : Pribadi yang sangat romantis

6. Kopi Irlandia (Irish Coffee)
Ada satu jenis kopi yang sangat keras, yaitu kopi Irlandia (Irish coffee). Keras karena dicampur alkohol. Kopi dan alkohol punya efek bertentangan. Kopi membuat orang melek dan mengaktifkan kesadaran, sementara alkohol membuat pikiran tidak sadar.

Sifat : Penggemar minuman ini punya ide, pikiran, dan sifat yang kadang berseberangan. Dalam satu waktu, ia bisa terlihat gembira, dan sejenak kemudian murung.

Asmara : Partner In Crime!

8. Kopi tubruk
Bubuk kopi diseduh bersama ampasnya, kadang tanpa gula, dan diminum selagi ampasnya masih mengambang. Kekuatannya adalah dari aromanya saat di seduh.

Sifat : Penggemar kopi ini suka segala sesuatu yang alamiah, dan tidak toleran pada kebohongan. Betapa pun pahitnya sebuah kebenaran, ia akan menerima. Manusia yang sederhana, namun memiliki kualitas yang tersimpan.

Asmara : Akan selalu memberikan kejutan yang tak terduga.

9. Coffee Latte

Adalah espresso yang disajikan dalam gelas besar dan di tambah 2 –3 takaran susu cair.

Sifat : mereka selalu menemukan porsi yang pas dalam menunaikan tanggung jawab dan haknya. Bagi mereka keadilan bukanlah sama rata, namun harga yang di dapat berdasarkan usahanya.

Asmara : selalu bersikap baik pada pasangannya.