Cara tepat minum kopi

Cara tepat minum kopi


Sejak beberapa tahun lalu, masyarakat terutama di kota besar di Indonesia mulai dijangkiti wabah minum kopi baik di dalam maupun di luar rumah.

Hal ini juga menyebabkan kedai-kedai kopi mulai bermunculan mulai yang sederhana maupun yang sangat mewah sekalipun. Sebut saja Coffee Toffee, Bakoel Koffee, Mister Bean Coffee, Starbucks, dan The Coffee Bean & Tea Leaf.

Penikmat kopi memang semakin banyak, tapi cara minumnya kebanyakan masih keliru.

“Cara minum kopi dan teh orang Indonesia memang masih salah. Kita sering senyum-senyum sendiri melihat mereka minum,” ujar Robby Sabaruddin Roestam, Manajer Pemasaran “The Coffee Bean & Tea Leaf”.

Kebanyakan orang lebih suka minum kopi dengan banyak gula ataupun dengan tambahan seperti susu atau coklat yang berlebih. Hal ini tentu saja mengurangi rasa khas pahit yang dimiliki kopi. Selain itu banyak peminum kopi yang hanya sekedar mensuplai kafein ke dalam tubuh tanpa menikmatinya.

Kopi yang bagus dalam roasting-nya, rasa pahitnya hanya 15 detik dalam tenggorokan. Setelah itu akan hilang. Itu sebabnya, minum kopi biasanya akan dilengkapi dengan kue.

Cara minum kopi yang tepat juga tidak seperti yang banyak terjadi saat ini. Tidak asal teguk saja.

Minum kopi yang benar, sama caranya dengan minum anggur. Pertama kali adalah mencium aromanya. Kemudian saat diminum tidak langsung ditelan, tapi dikulum terlebih dahulu untuk dikecap. Dari sini akan terasa body dari kopi, mulai dari keharuman sampai keasamannya.

Tentu saja setelah membaca artikel ini kita bisa lebih menghargai kenikmatan dari secangkir kopi dengan cara meminumnya yang benar. Selamat menikmati,🙂

5 thoughts on “Cara tepat minum kopi

  1. Biji kopi kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan asam amino. Beberapa penelitian menunjukkan minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko demensia. Bahkan penelitian di Korea Selatan menemukan kopi dapat memperlambat pertumbuhan tumor otak

  2. Saya benar2 tidak tahu “ada” cara yang tepat dalam meminum kopi, tapi setelah baca artikel ini saya jadi ketawa ketiwi sendirian, soalnya persis banget cara yang disarankan dengan cara saya minum kopi selama ini..cium dulu aromanya (membaui kopi), seruput dikit2, kulum dan kumur2 (disini akan terasa tingkat keasamannya), kemudian telan..tapi yg membedakannya, karena saya (maaf) perokok, setelah ditelan saya langsung hisap rokok, dan menurut saya disinilah saya bisa membedakan aroma kopi jenis apa dan karakter kopi tersebut (maaf sangat tidak disarankan karna kebiasaan buruk saya hehehe)..tadinya saya pikir cara minum kopi saya sangat aneh krna tdk ada teman2 yang cara minumnya kaya saya..maksud saya simple “hanya ingin benar2 menikmati kopi” itu saja..salam jabat erat bung

Leave a Reply

