Sepotong Cahaya dan Secangkir Kopi Pahit

Sepotong Cahaya dan Secangkir Kopi Pahit


secangkirkopitubruk.com

“Sabar. Kita coba perlahan, sama-sama belajar. Aku berbisik perlahan, berharap menenangkan. Tapi sepertinya kau tidak mendengar.” Salahku, berbisik hanya dalam hati.

Minggu ini kita bertemu lagi. Seperti biasa di gathering Komunitas Tinta Cahaya, sebuah komunitas photografi di Bogor. Reki yang selalu menjadi pusat perhatian, pengetahuan dan vokalnya selalu mendominasi dalam kedai kopi. Pengalamannya seolah membawa dia menjadi kepala suku dalam komunitas. Tapi bagi kami berbeda, terkadang senyum bertemu dalam satu garis mata. Apa yang Reki katakan sudah kami lakukan tiga hari yang lalu, saat hunting di sebuah malam. Tidak banyak cahaya yang kami lukis malam itu. Lebih banyak cerita tentang kehidupan yang kami tulis dalam memori. Saat itu aku mulai berbisik.

Tidak semua kau ceritakan, aku tahu itu. Aku tahu bagaimana kau terbangun di setiap pagimu. Aku tahu gelas favorit yang selalu kau pakai untuk secangkir kopi hangat. Aku tahu berapa sendok kau masukan gula. Bahkan aku tahu, terkadang kau lupa menambahkannya karena masih lelah terpejam, hingga kau harus pergi mencuci muka dan memulainya lagi dari awal.

Aku tahu lebih dari yang kau tahu. Aku tahu saat senyum mu menyapaku. Saat salam hangat mu menggenggam tangan ku. Bahkan aku tahu kerutan wajah mu saat Reki menyambut mu di kedai kopi. Semua terekam pada Tinta Cahaya dalam Logika. Ah itu hanya kalian yang tahu, aku rasa aku orang ke-tiga yang tahu.

Aku berbisik, “Kita belajar bersama. Aku belajar mencintai. Kau belajar melupakan.” Kita sama-sama belajar. Hanya aku tidak mau melihat lagi Tinta Cahaya kalian. Egois. Iya, aku terlalu egois untuk melarang kau mengecap kopi pahit tadi pagi. Bahkan aku melarang kau membaginya dengan mereka, aku tidak mau cela mengganggu hari mu, bahkan mengisi hari ku.

Ah sudah lah, kau malah mencetak tinta cahaya itu dengan Kopi Pahit tadi pagi…

Leave a Reply

